Industri Kreatif di Yogyakarta (Fotografi)

22 Mar
Industri kreatif makin banyak bermunculan di Yogyakarta,.salah satunya adalah Industri Fotografi.
Makin menyebarnya trend kebutuhan diri sendiri untuk ‘narsis’ biar ‘eksis’,.menyebabkan industri fotografi makin banyak dicari,saya akan  sedikit bercerita tentang salah satu usaha yang bergerak di bidang fotografi yaitu

:: Agatha Photo ::

Sejarahnya dulu,..

Berawal dari sebuah garasi berukuran 3×4 m2, Tulus Benyamin dan sang kakak Gideon Hartono mendirikan AG Photo dengan acuan nama dari jalan Asem Gede pada tahun 1981 yang kemudian berubah menjadi Agatha Photo pada tahun 1989.Pada waktu itu Tulus Benyamin masih duduk di bangku SMP dan Gideon Hartono di bangku SMA, dengan merintis karir sebagai fotografer yang mengkhususkan diri sebagai fotografer pas foto yang dipergunakan untuk membuat KTP, lama kelamaan dari mulut ke mulut mereka mulai sering dimintai tolong untuk memotret acara ulang tahun, gereja, dan berlanjut ke acara pesta pernikahan yang pada awalnya mereka tidak menjurus ke foto komersil  tetapi hanya penggantian film saja, karena bagi mereka ajang seperti ini dapat dijadikan sarana untuk melatih diri dan meningkatkan kemampuan.

Tidak berhenti di situ, mereka mulai berinovasi dan berkreasi terus menerus sehingga karya-karya Agatha Photo mulai diperhitungkan dan memperoleh kepercayaan masyarakat Yogyakarta sedikit demi sedikit. Inovasi itulah kata kunci yang membuat karya-karya Agatha Photo memperoleh beberapa penghargaan termasuk diantaranya 6 buah rekor MURI dan beberapa penghargaan hasil karya foto lainnya.

Selain dari berinovasi di hasil karya, Agatha Photo juga mengembangkan beberapa produk yang saat ini menjadi strength product Agatha Photo yaitu Wedding Photography dan beberapa varian produk lainnya seperti fashion foto, kiddy portrait, graduation, birthday dan advertising photography.

Saat ini, Agatha Photo di bawah naungan Tulus Benyamin, dengan karya karyanya yang sudah diakui, tidak hanya masyarakat Yogyakarta saja yang mempercayakan moment moment pentingnya untuk diabadikan, tetapi meluas ke seluruh Jawa Tengah, bahkan sampai ke Jakarta dan beberapa negara tetangga.

Berkat ketekunan dan kerja keras serta kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat serta corporate partner seiring berjalannya waktu, saat ini Agatha Photo berkembang menjadi sebuah industry fotografi yang sangat diperhitungkan di Yogyakarta.

Agatha Photo Memiliki visi :Not just to be the biggest, but the gratest in photography industry as well.

Selain itu ada juga Kedai Digital yang kini memperluas usahanya di bidang Fotografi ,.


:: KEDAI DIGITAL PHOTOGRAPHY ::

Kedai Digital sebagai salah satu industri kreatif terbesar di Jogja tampaknya tak henti berinovasi. Kali ini, Kedai Digital mulai melirik dunia fotografi di Jogja. Lantas, konsep kreatif apalagi yang mereka tawarkan?

Ide membuat sesuatu yang baru dan digemari anak muda selalu dimunculkan Kedai Digital (KD). Jika sejak dulu Kedai Digital dikenal sebagai tempat pembuatan bermacam merchandise pilihan, seperti mug, gantungan kunci, pin hingga kaos bergambar foto diri yang selalu menjadi sasaran para anak muda Jogja, kini Kedai Digital mulai melirik bisnis dunia fotografi yang pastinya unik dan baru pertama kali ada di Jogja. Bukan tanpa alasan jika akhirnya KD merambah bisnis di dunia fotografi sebagai side bussines-nya. Rupanya KD melihat celah positif dari banyaknya studio foto yang bertebaran di Jogja.

“Lahirnya KDS memang memberi warna baru bagi industri fotografi di Jogja. Tentunya kita berbeda dengan studio foto lainnya karena kita memiliki konsep baru dan unik, yang tentunya hanya ada di KDS,” tuturnya di Kedai Digital Center yang berada di Jalan Gambir No. 6, Deresan, Yogyakarta ini.

Konsep baru seperti apa yang ditawarkan KDS? Kalau dulu para konsumen bisa memesan mug satu saja, sekarang di KDS, konsumen juga bisa membuat foto satu saja dan tentunya bebas berekspresi semaunya. Paket foto yang ditawarkan pun beraneka ragam dan berbeda dengan studio foto lainnya. Tentunya, sekali lagi KDS yang kini memiliki 7 personel ini selalu menawarkan sesuatu yang baru, unik, kreatif dan inovatif.

Ada satu yang unik, KDS sengaja mengonsep sebuah video shooting pernikahan mirip infotainment di TV. Layaknya selebritis, sang pengantin, keluarga, kerabat dan sahabat diwawancara seperti di infotainment. Unik dan menggelitik.

…………………………………………………………..

Dari sedikit cerita diatas ,. dapat dilihat bahwa memang industri fotografi makin banyak di yogyakarta ,.namun suatu usaha di bidang tersebut dapat berhasil jika memiliki konsep yang berbeda dengan usaha usaha lainnya yang bergerak di bidang yang sama,maka dari itu dibutuhkan ide-ide cerdas dalam membaca peluang di dunia bisnis ini,dan sangat mengedepankan kekreatifitasan agar tampak berbeda dan unik dari yang lain.Maka dari itu industri2 tersebut diatas merupakan salah satu industri kreatif ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: